Wisuda SMKN 1 Pacet Usung Tema "Bhineka" Mencetak Generasi Berkarakter Positif, Menghargai Perbedaan dan Keragaman

suaracianjur.com
Juni 03, 2023 | 16:50 WIB Last Updated 2023-06-03T09:52:02Z
Suaracianjur.com | Cianjur - Kegiatan Wisuda Lulusan SMKN 1 Pacet, tahun ajaran 2021-2023, berlangsung di Hotel Agra, Jl. Raya Cipanas, Palasari - Cianjur, di hadiri Forkopimda, Orang tua murid, serta tamu undangan lainya.

Wisuda kali ini mengambil tema ke Bhinekaan, tujuanya Siswa - Siswi SMKN 1 Pacet agar memahami arti perbedaan dan keberagaman, dimana di Indonesia ini ragam dengan budaya, adat istiadat, agama serta kearifan lokal yang sangat beragam. Sabtu, (03/06/2023)

Selain mengusung tema Bhineka Tunggal Ika, Sekolah SMKN 1 Pacet juga senantiasa menekankan kepada anak didik untuk menjadi pribadi yang berkarakter positif (Adab), dengan berkarakter positif akan tumbuh kepercayaan diri yang positif, berani menghadapi tantangan dunia dengan prestasi serta berkarakter positif.

Kepala Sekolah SMKN 1 Pacet (Dra. Ida Yuniati Surtika, M.M.) di sela-sela kegiatan ramah tamah seusai acara wisuda, kepada awak media suaracianjur.com, menuturkan;

" Moment yang sangat berharga pada hari ini adalah, anak didik kita 3 tahun kebelakang sudah melalui proses pembelajaran dengan sangat baik, karena dalam keseharian pembelajaran kita lebih mengedepankan tentang Adab, adapun prestasi dan lainya itu adalah bonus, meskipun tidak kalah penting antara pembentukan karakter dan prestasi itu saling berkaitan. " Bebernya.

Lanjut Kepala Sekolah SMKN 1 Pacet; " Alhamdulillah 525 Siswa lulus tahun ini dengan predikat baik, tentu saja dengan segudang prestasi, baik itu di tingkat nasional, Jawa Barat, ataupun kabupaten, tentu pencapaian terbaik ini berkat dukungan bimbingan dari para guru, tenaga pendidik lainya, serta dukungan support dari orang tua wali murid. " Tuturnya.

Kemudian Kepala Sekolah kembali melanjutkan penuturanya; " Sebetulnya prestasi itu bonus, intinya bagaimana mengawal daripada siswa-siswi tersebut agar mempunyai karakter positif, baik itu dilingkungan sekolah, lingkungan rumah bahkan ketika bersosialisasi dengan dunia luar, pembentukan karakter yang kami terapkan saat ini alhamdulilah ada hasil, terbukti hari ini Siswa-siswi duduk tenang tidak ribut, berarti karakter baiknya sudah mulai terbentuk, dengan menghargai orang berbicara didepan itu sudah merupakan suatu karakter yang baik. " Pungkasnya.

Senada dengan penuturan Kepala Sekolah, Humas/Hubin SMKN 1 Pacet (M. Fadholi, STP.) ikut angkat bicara di sela-sela ramah tamah;

" Keseluruhan Siswa yang di wisuda hari ini 525 dari 7 kompetensi keahlian, tema yang kita usung hari ini, kebhinekaan, untuk menumbuhkan rasa patriotisme, biar mereka mengenal keragaman adat istiadat, budaya, kesukuan serta agama dan bermacam- macam kearifan lokal yang ada di negeri yang kita cintai ini, harapanya pembinaan karakter bisa mendasari mereka bisa menghargai perbedaan dan keragaman, dengan karakter positif juga mereka bisa berprestasi dan menjawab semua tantangan dunia, terus berprestasi, terus lanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dengan ilmu dan adab In Saa Allah semua harapan dan cita-cita mereka akan terwujud." Pungkasnya. (Arkam)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wisuda SMKN 1 Pacet Usung Tema "Bhineka" Mencetak Generasi Berkarakter Positif, Menghargai Perbedaan dan Keragaman

Trending Now

Iklan